Pages

Minggu, 02 Juni 2013

Sejarah Perkembangan IPS



SEJARAH PERKEMBANGAN IPS

Perkembangan Social Studies dapat kita lihat di berbagai karya akademis yang dipublikasikan oleh National Council for the Social Studies (NCSS) sejak pertemuan organisasi tersebut pada tahun 1935 hingga sekarang.
Definisi tentang “social studies” menurut Edgar Bruce Wesley pada tahun 1937 yaitu, Social Studies adalah ilmu-ilmu social yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan. Pengertian Social Studies tersebut kemudian dibakukan meliputi aspek-aspek ilmu sejarah, ilmu geografi, ilmu ekonomi, ilmu politik, sosiologi, antropologi, psikologi, dan filsafat yang dalam praktiknya dipilih untuk tujuan pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi.
Antara tahun 1940-1950 NCSS mendapat serangan yang berkisar kepada pertanyaan mesti tidaknya social studies menanamkan nilai dan sikap demokratis kepada para pemuda.
Pada tahun 1900-an, muncul suatu gerakan akademis yang mendasar dalam pendidikan, yang secara khusus dapat dipandang sebagai suatu revolusi dalam social studies, yang dipelopori oleh sejarawan dan ahli-ahlli ilmu social. Kedua kelompok ilmuan tersebut terpikat social studies, antara lain karena pemerintah Federal pada saat itu menyediakan dana yang sangat besar untuk pengembangan kurikulum. Gerakan akademis tersebut dikenal dengan gerakan the new social studies.
Namun, sampai tahun 1970-an ternyata gagasan untuk mendapatkan the new social studies ini belum menjadi kenyataan.
Pada tahun 1940-1960, ditegaskan oleh Barr, dkk (1977:36), yaitu terjadinya tarik menarik antara dua visi social studies.
Pada tahun 1955 terjadi terobosan yang besar, diungkapkan oleh Barr, dkk (1977:37) berupa inovasi Maurice Hunt dan Laurence Metcalf yang mencoba melihat  cara baru dalam mencoba pengintegrasian pengetahuan dan keterampilan ilmu social untuk tujuan citizenship education.
Para pendukung gerakan “the new social studies” kemudian mendirikan Social Science Education Consortium (SSEC). Sedangkan NCSS terus mengembangkan gerakan social studies yang terpusat pada citizenship education.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Night Diamond - Link Select