Pages

Sabtu, 01 Juni 2013

Pengertian Pendidikan IPS



Pengertian Pendidikan
-          John Dewey (1978):
Aducation is all one with growing; it has no end beyond it self. (Pendidikan adalah segala sesuatu bersamaan dengan pertumbuhan; Pendidikan sendiri tidak punya tujuan akhir di balik dirinya).
-          Kohnstamm dan Gunning (1995):
Pendidikan adalah pembentukan hati nurani. Pendidikan adalah pembentukan diri dan penentuan-diri secara etis, sesuai dengan hati nurani.
-          Stella Van Patten Henderson:
Pendidikan merupakan Kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan social.

Pengertian IPS
-          Mulyono Tj (1980:8):
IPS merupakan suatu pendekatan interdisipliner (Inter-disciplinary Approach) dari pelajaran Ilmu-ilmu Sosial. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang Ilmu-ilmu Sosial, seperti Sosiologi, Antropologi Budaya, Psikologi Sosial, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Ilmu Politik, dan sebagainya.
-          Dr. Nursid Sumaatmadja:
IPS adalah suatu mata pelajaran yang kajiannya focus pada seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu social.
-          Nu’man Soemantri:
IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu social yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, SLTA. Penyederhanaan mengandung arti:
a)   Menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu social yang biasanya dipelajari di Universitas menjadi  pelajaran yang sesuai dengan kematangan berpikir siswa-siswi Sekkolah Dasar dan lanjutan, 
b)  Mempertautkan dan memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu social dan kehidupan masyarakat sehingga menjadi pelajaran yang mudah dicerrna.

Pengertian Pendidikan IPS
     Berdasarkan hasil rumusan Forum Komunikasi II HISPIPSI di Yogyakarta (1991) dan menurut versi FPIPS dan Jurusan Pendidikan IPS:


-   Pendidikan IPS adalah penyederhanaan adaptasi, seleksi, dan modifikasi dari disiplin akademis ilmu-ilmu sosial yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis-psikologis untuk tujuan institusional pendidikan dasar dan menengah dalam kerangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila.
-      Pendidikan IPS adalah seleksi dari struktur disiplin akademik ilmu-ilmu sosial yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan tujuan pendidikan dalam kerangka pencapaian tujuan pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Night Diamond - Link Select