Pages

Minggu, 09 Juni 2013

Pendekatan Keruangan (Geografi)



Pendekatan Keruangan (Geografi)
Setiap tempat di permukaan bumi mempunyai ciri-ciri yang khusus di mana dapat dibedakan antaratempat yang satu dengan tempat yang lain. Oleh karena itu konsep tempat dinamakan wilayah (region) 


a.      Uniform Region
Uniform Region yaitu Wilayah  seragam adalah wilayah yang menunjukan keseragaman atau kesamaan dalam kriteria tertentu, seperti wilayah pertanian dimana terdapat keseragaman atau kesamaan antar kota, desa dan wilayah yang berdasarkan petani atau daerah pertanian dan kesamaan tersebut menjadi sifat yang dimiliki oleh elemen-elemen yang membentuk wilayah.

b.      Nodal Region
Nodal Region yaitu Wilayah yang dalam banyak hal diatur oleh beberapa pusat kegiatan yang saling dihubungkan dengan garis melingkar.

c.      Generic Region
Generic Region menekankan kepada jenis suatu wilayah, seperti wilayah iklim, wilayah vegetasi, wilayah pertanian, wilayah fisiografi, dan sebagainya.

d.      Specific Region
Specific Region yaitu wilayah dengan klasifikasi menurut kekhususannya yang menunjukkan daerah tunggal, mempunyai ciri-ciri geografi yang khusus, terutama ditentukan oleh lokasi dalam kaitannya dengan daerah lain, missal Asia Tenggara, Wilayah Waktu Indonesia Bagian Timur, Wilayah Daerah Tingkat I Sumatera Utara dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Night Diamond - Link Select