Pages

Sabtu, 01 Juni 2013

Hakikat dan Karakteristik KDIPS

Hakikat dan Karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS

Hakikat Mata Kuliah Konsep Dasar IPS
Dalam bidang pengetahuan social ada beberapa istilah, yaitu: Ilmu Sosial (social sciences), Studi Sosial (social studies), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Disamping istilah-istilah tadi, ada juga istilah lain yang kadang-kadang digunakan dalam menyebut bidang studi IPS : Social Education & Social Learning.
  
Menurut Cheppy lebih menitik beratkan kepada berbagai pengalaman disekolah yang dipandang dapat membantu anak didik untuk lebih mampu bergaul di tengah-tengah masyarakat.

Pemahaman yang keliru tentang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS)
IPS lebih menitik beratkan kepada pendekatan multidisiplin atau interdisiplin, dimana topic-topik dalam IPS dapat kita manipulasi menjadi suatu isu, pertanyaan atau permasalahan yang berperspektif interdisiplin.

Studi Sosial (Social Studies) merupakan suatu bidang pengkajian tentang gejala dan masalah masyarakat, bukan merupakan suatu bidang keilmuan atau disiplin bidang akademis.
Pendekatan Studi Sosial berbeda dengan Pendekatan Ilmu Sosial

Pendekatan Studi Sosial bersifat interdisipliner atau bersifat multidisipliner dengan menggunakan bidang keilmuan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam Ilmu Sosial (Social Sciences) bersifat disipliner dari bidang ilmunya masing-masing.

Terdapat sejumlah perbedaan antara Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS)

1.      IPS bukan sebagai disiplin ilmu seperti IIS, tetapi IPS lebih tepat sebagai suatu bidang kajian. Berbeda dengan IIS.

2.      Pendekatan yang dilakukan IPS adalah melalui multididipliner atau interdisipliner. Tidak seperti IIS yang menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau monodisipllin.

3.      IPS sengaja dirancang untuk kepentingan pendidikan, oleh karena itu keberadaan IPS lebih memfokuskan pada dunia persekolahan. Sedangkan IIS keberadaannya bisa di dunia persekolahan, PT, atau bahkan dipelajari di masyarakat umum sekalipun.

4.      IPS disamping menggunkan IIS sebagai bahan pengembangan materi pembelajaran dilengkapi dengan mempertimbangkan aspek psikologis-pedagogis.

Karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS
Ruang lingkup IPS tidak lain adalah kehidupan social manusia di masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat inilah yang menjadi sumber utama IPS. Aspek kehidupan sosial apa pun yang kita pelajari, apakah itu hubungan social, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah, geografi, politik, itu bersumber dari  masyarakat. Dengan demikian, masyarakat menjadi sumber materi IPS.

Sebagai program pendidikan IPS yang layak harus mampu memberikan berbagai pengertian yang mendasar, yang melatih berbagai keterampilan, serta mengembangkan sikap moral yang dibutuhkan agar peserta didik menjadi warga masyarakat yang berguna, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Ketiga aspek yang dikaji dalam proses pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (memberikan berbagai pengertian yang mendasar, melatih berbagai keterampilan, serta mengembangkan sikap moral yang dibutuhkan) merupakan karakteristik IPS sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Night Diamond - Link Select