Hakikat
dan Karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS
Hakikat
Mata Kuliah Konsep Dasar IPS
Dalam
bidang pengetahuan social ada beberapa istilah, yaitu: Ilmu Sosial (social sciences), Studi Sosial (social studies), dan Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS). Disamping istilah-istilah tadi, ada juga istilah lain yang
kadang-kadang digunakan dalam menyebut bidang studi IPS : Social Education & Social Learning.
Menurut
Cheppy lebih menitik beratkan kepada berbagai pengalaman disekolah yang
dipandang dapat membantu anak didik untuk lebih mampu bergaul di tengah-tengah
masyarakat.
Pemahaman yang keliru
tentang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS)
IPS
lebih menitik beratkan kepada pendekatan multidisiplin atau interdisiplin,
dimana topic-topik dalam IPS dapat kita manipulasi menjadi suatu isu,
pertanyaan atau permasalahan yang berperspektif interdisiplin.
Studi
Sosial (Social Studies) merupakan
suatu bidang pengkajian tentang gejala dan masalah masyarakat, bukan merupakan
suatu bidang keilmuan atau disiplin bidang akademis.
Pendekatan Studi Sosial
berbeda dengan Pendekatan Ilmu Sosial
Pendekatan
Studi Sosial bersifat interdisipliner atau bersifat multidisipliner dengan
menggunakan bidang keilmuan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam Ilmu
Sosial (Social Sciences) bersifat
disipliner dari bidang ilmunya masing-masing.
Terdapat
sejumlah perbedaan antara Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Ilmu-Ilmu Sosial
(IIS)
1. IPS bukan sebagai disiplin ilmu seperti IIS, tetapi IPS
lebih tepat sebagai suatu bidang kajian. Berbeda dengan IIS.
2.
Pendekatan
yang dilakukan IPS adalah melalui multididipliner atau interdisipliner. Tidak
seperti IIS yang menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau monodisipllin.
3.
IPS
sengaja dirancang untuk kepentingan pendidikan, oleh karena itu keberadaan IPS
lebih memfokuskan pada dunia persekolahan. Sedangkan IIS keberadaannya bisa di
dunia persekolahan, PT, atau bahkan dipelajari di masyarakat umum sekalipun.
4. IPS disamping menggunkan IIS sebagai bahan pengembangan
materi pembelajaran dilengkapi dengan mempertimbangkan aspek
psikologis-pedagogis.
Karakteristik
Mata Kuliah Konsep Dasar IPS
Ruang
lingkup IPS tidak lain adalah kehidupan social manusia di masyarakat. Oleh
karena itu, masyarakat inilah yang menjadi sumber utama IPS. Aspek kehidupan
sosial apa pun yang kita pelajari, apakah itu hubungan social, ekonomi, budaya,
kejiwaan, sejarah, geografi, politik, itu bersumber dari masyarakat. Dengan demikian, masyarakat
menjadi sumber materi IPS.
Sebagai
program pendidikan IPS yang layak harus mampu memberikan berbagai pengertian
yang mendasar, yang melatih berbagai keterampilan, serta mengembangkan sikap
moral yang dibutuhkan agar peserta didik menjadi warga masyarakat yang berguna,
baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.
Ketiga
aspek yang dikaji dalam proses pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (memberikan
berbagai pengertian yang mendasar, melatih berbagai keterampilan, serta
mengembangkan sikap moral yang dibutuhkan) merupakan karakteristik IPS sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar